Pemilukada Lamongan: Hitung Ulang Surat Suara

update_kamis 17 juni 2010. Sehabis nonton piala dunia Argentina vs Korsel, saya bermaksud cari angin segar. Yah, refreshing-lah. Agak kecewa juga sama hasil 4-1.  Harapan semula si negeri gingseng tersebut bikin kejutan. Kalaupun kalah, yah janganlah terlalu telak. Sejak world cup 1998, saya lumayan dendam sama Argentina. Gara-garanya? Simeone, gelandang the tango team tersebut melakukan diving plus memprovokasi hingga Beckham diganjar kartu merah. The Three Lions pun terjungkal. Padahal Inggris adalah favorit saya. Waktu tinggal di Makassar dulu, teman-teman di lorong Jl mannuruki (terutama the pa-kandang’s gank at p udin) tahu betul, menang ataupun kalah… saya tetap England!! hahaha.

Upps… kok ngelantur? Di world cup 2010 ini, saya habiskan waktu nonton bola di Lamongan, daerah tempat saya dilahirkan. Kembali ke awal cerita. Saya bermaksud cari angin segar… ke alun-alun atau sekadar cari kopi hangatlah. Sesampai di perempatan groyok, jl Basuki Rahmat kok diblokir sama petugas, dialihkan ke pahlawan atau jurusan pasar sidoarjo. Ada apa gerangan? Cari info di warkop dekat situ. Oh, ternyata berkaitan dengan pemilukada lamongan. Pantas tadi sore beberapa teman kirim sms menanyakan hasil sidang MK.

Lantas, saya searching di mbah google sebentar, tentang pemilukada lamongan. Inilah kutipan beritanya…

***(posting ini hanya bersifat sementara, bukan permanen. beberapa hari ke depan akan saya delete)**

Lamongan – Mahkamah Konstitusi (MK) menangguhkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur yang menetapkan hasil Pilkada Lamongan dengan kemenangan pasangan Fadeli-Amar Syaifudin (Faham).
“MK memerintahkan KPU untuk melakukan hitung ulang pada seluruh TPS (tempat pemungutan suara), tapi teknis pelaksanaanya diserahkan kepada KPU,” kata Mohammad Saim, ketua tim sukses pasangan Sehati, Kamis malam.
Perintah itu terkait dengan keputusan MK yang mengabulkan gugatan pasangan calon bupati dan calon wakil Bupati Lamongan Suhandoyo SP-Kartika Hidayati (Sehati) untuk penghitungan surat suara ulang kepada seluruh kotak suara di Kabupaten Lamongan dengan menerapkan Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 313/KPU/V/2010 tanggal 25 Mei 2010 tentang coblos tembus.
Dengan putusan tersebut berarti MK menangguhkan surat bernomor 496/Kpts/KPU-LMG-014.329744/Tahun 2010 tertanggal 30 Mei 2010 tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara dan Pengumuman Hasil Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Lamongan Tahun 2010.
Putusan MK bernomor 27/PHPU.D-VIII/2010 itu juga memerintahkan KPU agar melaporkan kepada MK terkait hasil penghitungan surat suara ulang tersebut selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari setelah putusan ini dibacakan.
“Ada sekitar 2.700 TPS. Selain itu coblos tembus juga dinyatakan sah oleh MK. Saya yakin pada penghitungan ulang ini, kami akan memenangkan Pilkada,” ujarnya
Putusan tersebut diputuskan dalam Rapat Permusyawaratan Hakim oleh sembilan Hakim Konstitusi yaitu Moh. Mahfud MD, selaku Ketua merangkap Anggota, Achmad Sodiki, M. Akil Mochtar, Hamdan Zoelva, Muhammad Alim, Maria Farida Indrati, Harjono, M. Arsyad Sanusi, dan Ahmad Fadlil Sumadi masing-masing sebagai Anggota
Sebelumnya (30/5), KPU Kabupaten Lamongan menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Fadeli-Amar Saefudin sebagai pemenang Pilkada 2010 dengan mengumpulkan 253.997 suara atau sekitar 40,91 persen.
Sementara pasangan Suhandoyo-Kartika Hidayati dengan 238. 816 suara (38,44 persen), Tsalits Fahami-Subagyo Rahmat dengan 90.029 suara (14,5 persen), dan Ongky Wijaya-Basyir Sutikno dengan 37.993 suara (6,12 persen).

Selengkapnya, langsung saja ke sumber berita: http://www.antarajatim.com/lihat/berita/35582/MK-Tangguhkan-Hasil-Pilkada-Lamongan, atau juga di sini: http://www.surya.co.id/2010/06/17/mk-hitung-ulang-surat-suara-pilkada-lamongan.html

***

Jadi, siapa pemenang pemilukada Lamongan? Ya kita tunggu saja rekap ulang KPU. Yang jelas, Pemilukada Jurdil… memang menjadi dambaan kita semua. Nah, sambil menunggu hasil rekap KPU, ayo nonton bola lagi…

***

Advertisements

One response to “Pemilukada Lamongan: Hitung Ulang Surat Suara

  1. salam kenal… blognya keren artikelnya juga..

    di tunggu kunjungan baliknya..

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s