Hasil Penelitian Pendidikan di Indonesia

Free download: Hasil Penelitian Pendidikan di Indonesia, oleh Wamendiknas pada Simposium Nasional Penelitian dan Inovasi Pendidikan 2010, Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta 3 – 10 Agustus 2010. Jenis file: ppt-pdf. Sumber: Kemendiknas.

Makalah ini berisi beberapa temuan tentang kondisi pendidikan di Indonesia. Beberapa di antaranya: Studi di 12 kota / kabupaten [hal.2]; rasio jumlah siswa dan guru, jumlah jam mengajar di daerah perkotaan, pedesaan dan terpencil [hal.9]; Perbandingan rasio guru dan siswa di Indonesia dengan beberapa negara lain [hal.22].

Selain itu, disajikan pula data dan hasil temuan dari Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) yang mengulas seputar kondisi pembelajaran Matematika: Jumlah jam pelajaran dan prestasi di bidang Matematika di Indonesia, Malaysia dan Singapura [hal.27]; Tingkat penekanan kurikulum dan penggunaan kalkulator [hal.32]. Berikutnya, data-data seputar anggaran dan pengeluaran biaya pendidikan, termasuk perbandingan gaji guru di beberapa negara [hal.49-67].

Data menarik lainnya adalah Ringkasan Laporan Hasil Ujian Nasional 2009/2010 tingkat SMA/MA dan SMP/MTs [hal.88-107], di antaranya: Prosentase ketidaklulusan, nila rata-rata, terendah, tertinggi dan standar deviasi pada UN 2009/2010. Khusus Bahasa Inggris, terdapat pula contoh analisis daya serap pelajaran Bahasa Inggris terhadap materi yang diujikan / Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Download file selengkapnya (3mb), silahkan klik di sini »…

More downloads: Articles, Tutorials, Modules and E-Books, click here »…

***

Thank you for visiting  soehaarrr.com| education for all; education for a better life |

7 thoughts on “Hasil Penelitian Pendidikan di Indonesia

  1. Wah, Pak ini yang dicari-cari. Terbukanya informasi hasil penelitian untuk kalangan banyak. Apalagi yang terkait hasil simposium. Saya angkat jempol karena PaK Soehar sudah mau berbagi di blognya. Terimakasih banyak Pak.

  2. wuih beneran nih??? mang ini uda merupakan hasil penelitian yang kongkret nggk?

    tpi sebenarnya bila mahasiswa gk kebanyakan demo dan anak SMA gk kebnyakan tawuran
    aq yakin indonesia dalam kurun waktu 5 thn kedepan
    uda bisa kembalikan julukanya “Macan Asia” seperti sedia kala

    ohya gan tukeran link yah. kbetulan blog aku isinya rangkuman-rangkuman pelajaran UN SMA.

    thx b4 buat artikle nya

Leave a comment